Sabtu, 27 Januari 2018

Manfaat ikan untuk kesehatan

Manfaat ikan untuk kesehatan

kotasolokuliner

Ikan punya nilai gizi yang cukup tinggi,salah besar jika Anda ragu untuk memilih sajian dari ikan,
karena hal ini sangat bagus untuk tumbuh kembang anak-anak atau kaum lansia yang sebaiknya
mulai menghindari hidangan yang tinggi kolesterol dengan cara mengganti menu berbahan dasar ikan.

Gemar makan ikan juga mulai di masyarakat selain mudah di dapat dan harganya pun cukup terjangkau.Karena kandungan protein ikan yang cukup tinggi bisa menjadi alternatif makanan selain daging atau telur.Di negara maju seperti jepang juga sangat populer dengan olahan ikannya bahkan di sana penyajian ikan ada yang masih mentah alias fresh dan juga ada dalam penyajian setengah matang,karena masyarakat jepang sangat sadar protein yang terkandung dalam ikan sangatlah tinggi.

Ikan juga mudah diolah dengan variasi menu cukup banyak dan ini membuka peluang untuk menciptakan penayajian dengan cara berbeda,karena jenis ikan yang cukup banyak tersedia.Kalaupun Anda tidak mau bersusah payah mengolahnya menjadi hidangan yang rumit atau memakan waktu , bisa juga mengolah dengan Cuma mengukus,memanggang atau menggorengnya.Setelah itu Anda tinggal menyediakan pelengkap tambahannya berupa sambal dan lalap sayur.

Kelezatan hidangan dengan ikan tak cuma bergantung pada bumbu dan cara mengolahnya tetapi juga pada ikan itu sendiri.Ikan segar sekalipun cuma dikukus akan menghasilkan hidangan yang lezat.Sebaliknya ikan yang kurang segar ,bisa menyebabkan hasil olahan rasanya pasti kurang prima meskipun di buat dengan bumbu yang lengkap sekalipun.

Nah,karena pemilihan ikan yang tepat amat berperan,mari kita pelajari kiat memilih ikan yang baik :

1. Daging ikan harus kenyal , tekan dengan jari kalau tidak terasa kenyal tidak usah dipilih.

2. Insang ikan harus berwarna merah.

3. Mata ikan harus terlihat jernih dan meloto.

4. Periksa kulitnya,kalau sudah terasa berlendir sebaiknya jangan dipilih
.
Ikan yang beredar di pasaran banyak sekali ,ada ikan laut dan ikan darat.Biasanya ikan air tawar memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dagingnya tidak sepadat pada ikan laut.Contoh ikan laut: ikan tongkol,ikan kakap,ikan bawal,ikan kembung,ikan selar,ikan layang dan ikan teri.
Sedangkan contoh ikan darat antara lain: gurame,lele,gabus.

Kelezatan ikan sedikit banyak juga tergantung pada cara kita membersihkannya.Jika terjadi kesalahan sedikit saja bisa jadi nantinya ikan akan terasa pahit.Berikut ini beberapa prosedur cara membersihkan ikan:
1. Setelah di cuci bersih,kemudian buang sisik ikan dengan hati-hati supaya tangan tidak tergores.
    Pegang ekor ikan dengan tangan kiri lalu taruh pisau sedikit di atas ekor.Jalankan pisau kearah    atas  hingga sisik terlepas.Jangan tekan pisau terlalu keras supaya daging ikan tidak rusak.

2.  Buang sirip dengan cara memotongnya.

3.  Buka sirip kepala lalu masukkan jari Anda sambil mengeluarkan insangnya.Keluarkan isi perut  dan isi kepalanya.Saat mengeluarkan isi perut jangan sampai menekan empedu terlalu kuat.Jadi perlu hati-hati jangan sampai empedu itu pecah karena bisa mengakibatkan daging ikan menjadi terasa pahit.

4. Cuci ikan kembali sampai dalam kepala dan perut ikan sampai benar-benar bersih,jika ini sudah dilakukan dengan baik maka selanjutnya ikan siap untuk di olah.

Sebelum di olah,sebaiknya ikan dibubuhi air jeruk nipis atau air jeruk lemon supaya mengurangi juga menghilangkan bau amis ikan.Dengan cara lain dalam mengolah ikan untuk menghilangkan bau amis bisa menggunakan jahe.Masakan dengan aneka bumbu pasti lebih memantapkan rasa olahan ikan.

Jika Anda ingin lebih praktis dan ekonomis bisa langsung pesan di tempat kami yang cukup berpengalaman untuk meyajikan menu nasi kotak dengan masakan ikan baik itu di goreng,di bakar ataupun jenis masakan yang lain yang dilengkapi dengan sambal dan lalapan.

Begitu besarnya manfaat ikan untuk kesehatan sangat dianjurkan setiap hari bisa mengkonsumsinya lebih dianjurkan untuk memilih ikan yang masih segar,karena kandungan gizi yang masih baik.

Demikian informasi dari kami tentang manfaat ikan untuk kesehatan bagi tubuh kita semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.Terimakasih atas kunjungannya.

Salam sehat.

0 komentar:

Posting Komentar